14 October 2019

Walau Bau Banget, Inilah 5 Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Posted by Edo Sadewo under: INFORMASI; KESEHATAN .

Manfaat Petai  – Siapa yang tidka kenal petai. Petai atau dalambahasa inggris adalah Stinky bean., merupakan tanaman kacang kacangan yang banyak dijumpai di Indonesia. Petai biasa dijadikanmasakan atau campuran csambal untuk menambah kenikmatan.

Namun serperti halnya jengkol, banyak orang yang menggemari petai dan jga membenci petai karena baunya yang tidak sedap. Banyak orang menjauhi memakan petai hanya untuk menghndari baunya saja. Padahal secara riset banyak sekali manfaat yang didapat dengan mengkonsumsi petai.

Nahh, bagi anda pecinta petai, anda tidak perlu khawatir, setelah ini kami akan jelaskan beberapa manfaat petai bagi kesehatan. Sebelum itu silahkan kunjungi untuk healthida.com artikel kesehatan lainnya.

1. Manfaat Petai Sebagai Pencegah Stres

Siapa diantara kalian yang mengiudap penyakit stres. Stres itu tidak hanya sekedar disebabkan emosi yang tdak terbendung, namun ternyaa stres juga merupakan penyakit yang membuat anda tdak merasa tenang. Nah, siapa sangka tanaman yang dijauhi karena baunya ini memiliki fungi sebagai pereda stres. Stres atau depresi dapat dicegah petai dengan adanya kandungan triptofan.

Triptofan ini sendiri adalah sebuah zat yang berperan memproduksi serotinin. Yakni sebuah zat yang memiliki manfaat memberi rangsangankepada otak agar merasakan ketenangan, bahagia, dan akan mempengarui mood harian anda. Kalau sudah begini petai bisa jadi pilihananda ketika mengalami depresi yaaa…

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Nggak ada yang nyakgkan ternyata petai memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Kalium merupakan zat yang dibutuhkan tubuh agar dapat menjadaga cairan tubuh dan elektrolit. Peningkatkan zat kalium dalam tubuh dapat meningkatkan kinerja otak. Hal ini disebabkan meningkatnya kadar oksigen dalam tubuh. Adanya kadar oksigen yang cukup dalam tubuh dapat meningkatkan fungsi otak.

Petai adalah salah asatu tanaman yang memiliki kandunga kalium yang baik bagi tubuh. Mengkonsumsi petai dapat meningkatkan kinerja otak sepeerti daya ingat, Presepsi indra meningkat, Konsentrasi meningkat. Hal ini diperkuat denganadanya sebuah penelitian diinggris terhadap siswa yang mengkonsumsi petai. Hasilnya siswa yang mengkonsumsi petai dapat mengerjakan soal dengan mudah.

3. Manfaat Petai Dapat Mencegah Anemia.

Manfaat petai berikutnya adalah mencegah anemia. Bag anda yang memiliki riwata anemia maka petai bisa menjadi oabt alami untuk anda. Menutut para peneliti peti dapat menjadi solusi orang yang terkena anemia. Zatbesi yang terkndung di petai membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah atau yang biasa disebut dengan hemogoblin. Oang yang mengidap anemia atau kekurangan hemoglobin sangat disarankan mengkonsusi petai karena manfaatnya. Abaikan saja bau yang ada yang penting sehat dulu yaa..

4. Manfaat Petai dalam Memperbaiki Kualitas Tidur

Kurangnya tidur bisa menjadi masalah kesehatan, Mulai dari tubuh terasa lelah, ngantuk, konsenstrasi berkurang dan lain sebagainya. Kandungan triptofan dalam petai berdampak juga pada kualitas tidur anda. Meredanya stres dan beban pikiran tentunya akan membantu anda dalam beristirahat. Otak yang rileks dan tenang membuat otak terasa nyaman dan lebih mudah untuk tidur

Ternyata tidak hanya triptofan, petai juga mengandung asam amino yang cukup tinggi. Asam amino ini mampu memberikan efek yang hampir mirip dengan triptofan yakni memberkan rasa rilek dan nyaman. Adanya asam amino dalam petai memberikan efek relaksasi, menginduksi tidurm dan mengatasi kecemasan, Hasilnya, tidur anda lebih nyenyak dari sebelumnya.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat petai berkutnya adaklah Menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi bukanlah penyakit yang bisa dianggap sepele. Tekanan darah yang tidak setabil dapat beresiko pada jantung, Nahh, petai bisa menjadi pengganti obat darah tinggi lho. Taukah anda petai itu menganung potasium? Ternyata Petai merupakan salah satu tanaman yang memiliki kandungan potasium yang tinggi.

Potasium sendiri adalah salah satu zat yang berfungsi sebagai pengontrol tekanan darah. Makan makanann yang mengandung potasium akan sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah. Tidak hanya itu, mengkonsumsi potasium secara rutin akan membantu menurunkan hipertensi dan penyakit penyakit pembulu darah lainnya seperti Stroke.

Leave a Reply