7 October 2019

Tips Efektif Untuk Menghentikan Kecanduan Game

Posted by Edo Sadewo under: Uncategorized .

Tips Efektif Untuk Menghentikan Kecanduan Game-Bermain game menjadi salah satu aktivitas yang digemari semua orang dari mulai anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Peminat dari game semakin meningkat dari tahun ke tahunnya berkat seri game terbaru yang selalu keluar di pasaran. Meskipun manfaat game bisa kita rasakan sebaga media penghiburan, tetapi tanpa disadari jika penggunaan game ini bisa jadi ancaman jika sudah menimbulkan kecanduan yang jika sudah dalam tahap serius dapat mengundang dampak negatif yang merugikan. Lantas jika sudah kecanduan, bagaimana cara mengatasinya? Berikut kami siapkan beberapa tipsnya:

Berniat Untuk Berubag dan MUlai Menata Kembali Aktivitas Sehari-hari

Niat adalah faktor kunci seseorang untuk berubah, begitu pula bagi orang yang mengalami kecanduan game. Jika Anda ingin menghentikan kecanduan, milikilah niat yang besar untuk berhenti dan mulailah menata kembali berbagai aktivitas harian yang terabaikan karena tingginya durasi bermain game Anda. Simak informasi mengenai permainan game online terbaik yang bisa Anda mainkan seperti judi poker online.

Cobalah mencari dan melakukan aktivitas yang tak kalah menyenangkan dari game namun juga memiliki manfaat, sehingga Anda tidak akan merasa bosan untuk melakukan rutinitas ini terutama pada tahapan awal. Agar lebih mudah, carilah rutinitas baru yang dapat menjadi hobi baru yang secara perlahan akan mengalihkan perhatian Anda dari game.

Membatasi Penggunaan Gadget

Gadget saat ini menjadi perangkat yang sulit untuk kita tinggalkan. Memang mustahil untuk ditinggalkan, tapi setidaknya kita dapat membatasi penggunannya. Mulalilah kurang penggunaan gadget dalam aktivitas harian terutama pada waktu Anda beristirahat. Cobalah gunakan waktu istirahat Anda untuk sekedar berjalan-jalan alih-alih bermain game.

Mengurangi Anggaran Untuk Bermain Game

Bagi Anda para gamers tentu memahami bahwa terkadang bermain game membutuhkan biaya. Nah untuk menghentikan kecanduan game, sebaiknya Anda coba untuk membatasi anggaran untuk kebutuhan game. Cobalah mengalokasikan dana ini untuk hal-hal lainnya yang lebih bermanfaat, beramal misalnya, atau hanya sekedar makan-makan bersama orang terdekat.

Meminta Bantuan Tenaga Profesional

Jika cara-cara sebelumnya masih belum mengurangi keinginan Anda untuk bermain game sedikit pun, maka hal tersebut menandakan kecanduan Anda telah dalam kondisi yang parah. Oleh karena itu, untuk menangani kondisi kecanduan ini Anda membutuhkan tenaga ahli profesional. Dengan bantuan profesional, Anda akan lebih jauh mengetahui faktor-faktir yang menyebabkan Anda kecanduan serta langkah-langkah tepat yang efektif menghilangkan kecanduan Anda seperti melalui kegiatan konseling atau pun terapi jika dibutuhkan.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk menghentikan kecanduan game yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Comments are closed.