27 September 2019

Pinjam Uang, Pinjaman Online

Posted by Edo Sadewo under: BISNIS; INFORMASI .

Kebutuhan setiap manusia banyak sekali ragamnya dan semuanya jika bisa dipenuhi, khususnya kebutuhan primer seperti sandang, pangan dan papan. Namun ada kalanya kita tidak memiliki dana yang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan yang ada, terutama kalau kita ingin membuka usaha yang memerlukan modal yang tidak sedikit. Biasanya jalan keluarnya adalah dengan meminjam uang.   

Baca juga artikel lain di : http://eds19.student.umm.ac.id/

Beberapa Media Untuk Meminjam Uang

Meminjam uang bisa di mana saja dan lewat media apa saja. Bisa meminjam di saudara, teman atau kerabat dekat. Bisa juga melalui lembaga keuangan atau perbankan yang banyak tersebar di mana-mana yang selalu menawarkan pinjaman ke siapa saja yang membutuhkan.

Jika kita meminjam uang kepada lembaga keuangan atau bank biasanya kita selaku pihak atau calon peminjam wajib datang ke tempat atau lokasi keberadaan dari bank atau lembaga keuangannya dengan membawa sejumlah syarat berupa berkas-berkas atau dokumen-dokumen yang harus dilengkapi dan diserahkan.

Nantinya sesudah tiba di tempat tujuan, pihak kreditur akan memberikan syarat-syarat tambahannya. Juga akan dijelaskan aturan-aturan peminjamannya seperti apa. Bunga pinjamannya berapa persen dan per bulannya harus mengangsur sejumlah berapa akan dijelaskan semuanya. Intinya kitanya sebagai calon debitur wajib datang ke tempat di mana akan meminjam.   

Meminjam Uang Secara Online

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju dimana hampir semua bidang sudah terhubungkan dengan internet maka pinjaman uang juga bisa dilakukan melalui internet. Dengan media internet kita bisa meminjam sejumlah uang sesuai dengan kebutuhan.    

Ada cara yang tidak sama jika pinjam uang, pinjaman online dibandingkan dengan meminjam uang di bank atau lembaga keuangan. Perbedaannya adalah kalau meminjam uang dengan cara online maka tidak membutuhkan syarat-syarat baku seperti yang biasanya ada apabila meminjam uang di tempat yang umum.

Cara meminjam uang lewat online ini saat ini banyak sekali peminatnya. Hal ini tidak lain disebabkan karena proses peminjamannya yang lebih mudah dan lebih praktis. Pinjam uang, pinjaman online tepat sekali untuk orang-orang yang tengah memerlukan sejumlah uang tunai dengan waktu yang lebih cepat prosesnya, tidak bertele-tele. Uangnya harus ada dalam waktu segera karena memang mendesak.   

Meminjam uang dengan cara online memang tidak harus menyertakan agunan atau jaminan atau kartu kredit. Memang ada syaratnya namun hanya mengisi formulir yang berisikan data-data diri kita dengan lengkap. 

Di samping itu juga harus melengkapi sejumlah persyaratan lainnya lagi yang dibutuhkan. Setelah selesai mengisi formulir dan menyerahkan syarat-syaratnya maka yang harus kita lakukan adalah menunggu. Kita tunggu saja sampai nantinya dihubungi oleh pihak pemberi pinjaman dengan cara online tersebut.

Jika kita memenuhi syarat yang diberikan maka dana tunai yang kita inginkan bisa langsung cair.

Beraneka Macam Pinjaman Dengan Cara Online

Meminjam uang tunai dengan cara online dikategorikan menjadi beberapa macam, calon debitur bisa memilih salah satunya, yakni :

  • Pinjaman dengan jaminan BPKB sepeda motor atau BPKB mobil.
  • Pinjaman yang ditujukan untuk karyawan.
  • Pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan) dan tanpa menyertakan CC (Credit Card).
  • Pinjaman atas nama pribadi.
  • Pinjaman yang bebas dari BI Checking.
  • Pinjaman non bank.
  • Pinjaman yang digunakan untuk modal usaha.

Beberapa Mitra Kerja Sama Dari Pinjaman Secara Online

Meskipun meminjam uang tunainya dengan cara online, tetap saja akan berhubungan dengan pihak bank dan lembaga keuangan. Pihak bank dan lembaga keuangannya di sini dimaksudkan sebagai tempat untuk menyalurkan pinjamannya dan sebagai tempat setiap bulannya untuk mengangsur. Mengangsurnya tentu saja atas nama rekening pihak pemberi kredit atau pinjaman uang tunai tersebut.   

Berikut dibawah ini beberapa nama contoh bank dan lembaga keuangan yang biasanya diajak kerja sama dalam hal pinjam uang, pinjaman online :

  • KKB BCA.
  • BCA Multi Finance.
  • BCA.
  • BRI Syariah.
  • BFI Finance.
  • DBS.
  • Permata Bank.
  • Commonwealth Bank.
  • Akseleran.

Waktu Dan Perhitungan Peminjaman Uang Melalui Online

Peminjaman uang melalui online juga ada tenggang waktunya. Biasanya waktu peminjamannya dihitung dengan sistem tenor dengan waktu satu bulan atau 30 hari. Pada umumnya pihak pemberi pinjaman akan memberikan tenor waktu antara sebulan sampai dengan 60 bulan atau lima tahun.

Pihak kreditur dengan cara online biasanya akan memberikan Nilai APR Maksimum. Contohnya seperti ini. Misalnya Nilai APR Maksimum yang diberikan besarnya mencapai 120 persen untuk setiap tahunnya. Jumlah uang tunai yang dipinjam selama satu tahun sebesar sepuluh juta rupiah.

APR Representatif yang ditetapkan adalah sebesar 15,48 persen. Apabila dihitung per bulannya maka akan didapatkan bunga sebesar 1,29 persen. Sesudah APR diperhitungkan maka akan memperoleh total bunga pinjaman yang besarnya berjumlah 1.548.000 rupiah.

Ada pula tenor pinjaman yang ditawarkan kepada calon debitur dengan waktu selama tiga bulan atau 90 hari namun untuk pinjaman jenis ini memakai jaminan atau agunan. Agunan atau barang yang dijaminkan berupa sertifikat rumah, sertifikat ruko, BPKB mobil dan BPKB sepeda motor.

Maksimal tenor atau waktu yang ditawarkan kepada calon peminjamnya ialah antara 3 sampai dengan 96 bulan. 24 persen per tahunnya adalah nilai APR Maksimum yang biasanya diberikan. Bisa dilihat contohnya sebagai berikut.

Debitur meminjam uang tunai selama satu tahun dengan cara online sebesar sepuluh juta rupiah. Perhitungan APR Representatifnya besarnya 9,6 persen. Jika dihitung per bulannya didapatkan angka sebesar 0,8 persen. Setelah APRnya dihitung maka 960.000 rupiah adalah jumlah total bunga yang harus dibayarkan.

Leave a Reply