3 August 2019

Ketahui, Inilah Tips Memilih Solder Uap yang Berkualitas dan Cara Merawatnya

Posted by Edo Sadewo under: BISNIS; INFORMASI .

Ketahui, Inilah Tips Memilih Solder Uap yang Berkualitas dan Cara Merawatnya. Bagi Anda yang sedang bekerja di bidang elektronik tentunya tidak akan merasa asing lagi dengan solder uap. Dimana benda yang satu ini sangat membantu dalam membongkar maupun memasang berbagai perangkat elektronik. Solder uap tentunya juga memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan jenis lainnya, jadi tidak heran jika permintaan akan solder ini akan terus meningkat setiap harinya.

Solder uap

Baca juga artikel lain di : http://eds19.student.umm.ac.id/

Hal ini terbukti dengan munculnya berbagai macam merk solder yang beredar di pasaran, bahkan solder ini ada yang jua tersedia di online. Namun tidak semua solder jenis ini bisa dijual di pasaran memiliki kualitas yang baik, oleh sebab itu terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar bisa mendapatkan solder yang berkualitas tinggi. Karena apabila Anda mendapatkan yang tidak bagus, maka yang sangat dirugikan yaitu diri Anda sendiri.

Berikut ini beberapa tips untuk memilih solder uap yang berkualitas, yaitu

Memilih Berdasarkan Merk yang Terpercaya

Solder uap yang berasal dari merk terkenal sudah sangat terbukti kualitasnya. Hal ini karena telah digunakan oleh orang banyak, sehingga solder uap tersebut tidak akan mudah rusak. Jadi walaupun telah dipatok dengan harga yang mahal namun akan sebanding dengan kualitas yang diberikan.

Sehingga Anda tidak akan perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk bisa membeli solder yang baru akibat rusak. Dengan menggunakan merk yang terpercaya, maka Anda juga sangat mudah untuk mencari info tentang merk tersebut. Sehingga Anda tidak akan kecewa apalagi jika Anda belum pernah membeli solder uap.

Tidak Tergiur dengan Harga yang Murah

Beredarnya berbagai merk pada solder uap ini tentunya akan membuat harga yang dipatok juga beragam, ada yang harganya mahal dan ada yang murah. Namun jangan pula sampai Anda terlalu tergiur dengan harga murah namun ternyata kualitasnya tidak ada. Sebab jika Anda sudah berniat untuk berhemat maka yang ada Anda hanya akan mengeluarkan banyak uang karena harus membeli solder yang baru. Oleh sebab itu pilihlah https://cody.id/ yang berkualitas sehingga bisa bertahan lama dan juga tidak mudah rusak. Jadi Anda tidak perlu untuk membeli yang baru dalam waktu yang dekat.

Cara Merawat Solder Uap yang Benar

Berikut ini ada beberapa langkah dalam merawat solder uap, yaitu

  • Masukkan steker Solder uap ke dalam stopkontak, kemudian tekan tombol power pada posisi ON, ini untuk menjalankan fungsi blower.
  • Atur panas atau suhu dan juga tekanan udara sesuai suhu yang diinginkan.
  • Bersihkan PCB dari kotoran ataupun minyak dengan menggunakan cairan IPA/tiner A yang special. Kemudian gunakan kuas lembut jangan sampai merusak komponen yang di sekitarnya.
  • Pada saat mau menggunakan solder uap, maka mata blower harus berada tepat dan juga tegak lurus diatas media yang akan dipanasi. Perhatikan juga komponen yang Anda pasang, jangan sampai terbalik pada posisi tanda yang ada di papan PCB.
  • Lindungilah komponen yang mengandung bahan plastik yang biasa ada disekitar IC yang akan dipanasi. Gunakan juga pinset untuk memegang atau menggoyang IC.
  • Gerakkan head blower secara memutar beraturan di atas medium yang dipanasi. Janganlah sampai terfokus atau diam lama di atas medium IC yang bisa mengakibatkan kerusakan. Janganlah  memanasi komponen terlalu lama, hal ini bisa mengakibatkan rusak atau berkurangnya intensitas komponen. Pastikan juga timah menempel sempurna pada papan PCB dan komponen.

Jadi keberadaan solder uap itu cukup membantu pekerjaan Anda di bidang elektronik. Apabila Anda ingin mencari atau memiliki solder uap berkualitas maka terapkanlah tips diatas. Anda juga harus bisa merawat barang tersebut supaya tetap awet dan bertahan lama.

Leave a Reply