26 July 2019

Inilah Serba-serbi Sel Hewan Uniseluler yang Wajib Dipelajari

Posted by Edo Sadewo under: BERITA BARU; INFORMASI .

Inilah Serba-serbi Sel Hewan Uniseluler yang Wajib Dipelajari. Di dunia ini ada 2 jenis organisme yaitu organisme multiseluler dan organisme uniseluler. Organisme multiseluler merupakan organisme yang tersusun dari banyak sel, sedangkan organisme uniseluler merupakan organisme yang hanya memiliki 1 sel. Manusia sendiri termasuk kedalam organisme multiseluler. Sedangkan salah satu organisme uniseluler yang banyak dikenal adalah amoeba.

Sel hewan

Baca juga artikel lain di : http://eds19.student.umm.ac.id/

Organisme uniseluler hanya mengandalkan satu sel untuk seluruh kegiatannya. Sel hewan uniseluler memgerjakan seluruh kegiatan tubuh seperti makan, bergerak, mengeluarkan limbah, reproduksi, dan lain-lain. Organisme uniseluler dapat hidup secara individual maupun berkelompok. Organisme uniseluler ini memiliki bentuk tubuh yang tidak kasat mata dan mayoritas harus dilihat menggunakan mikroskop.

Sel hewan pada organisme uniseluler ini memiliki dinding luar yang tipis. Karena dinding kulit yang tipis, maka kulit luar ini sangat mudah ditembus oleh zat kimia. Meskipun tipis, namun di dalam dinding sel ini memiliki cairan yang disebut sitoplasma. Sitoplasma ini memuat beberapa organel yang memiliki fungsi masing-masing.

Struktur pusat sel hewan uniseluler adalah nukleus sel. Nukleus sel memuat gen yang akan bertugas membentuk serta menentukan fungsi sel. Jika fungsi sel ditentukan oleh struktur pusat, maka fungsii lain seperti melepaskan energi dari makanan, membuang limbah, dan melindungi organisme diperankan oleh struktur lainnya.

Karena bentuk tubuhnya yang mikroskopis, kebanyakan hewan yang termasuk dalam organisme ini memiliki tubuh yang sangat kecil. Beberapa organisme yang dikenal masyarakat diantaranya sejenis bakteri maupun protozoa dan kuman-kuman lainnya. Masyarakat umum sendiri banyak mengenal jenis organisme ini dari informasi-informasi pendidikan.

Setiap organisme yang hidup di dunia memiliki fungsinya masing-masing, begitu juga dengan organisme uniseluler. Salah satu fungsi organisme uniseluler adalah sebagai antibiotik yang membantu melindungi kekebalan tubuh manusia. Fungsi ini dimiliko oleh salah satu organisme uniseluler yaitu bakteri.

Selain bakteri, organisme lainya pun memiliki perannya masing-masing. Mempelajari organisme-organisme yang ada dalam kehidupan sangat penting dilakukan agar manusia lebih mengetahui lingkungan sekitarnya. Karena dengan mengenal lingkungan sekitar, maka manfaat lingkungan pun bisa lebih dimaksimalkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply