25 July 2019

Belajar Saham Pemula, Berguna Untuk Para Calon Investor

Posted by Edo Sadewo under: BISNIS; INFORMASI .

Belajar saham pemula, berguna untuk para calon investor! Sebelum kita mengetahui saham lebih lanjut, ada baiknya untuk mengetahui apa itu saham. Secara sederhananya, saham merupakan data atau alat bukti kepemilikan atas sebuah lembaga atau perusahaan. Jadi, jika Anda memiliki saham, berarti Anda adalah pemilik perusahaan tersebut.

belajar saham pemula

Baca juga artikel lain di : http://eds19.student.umm.ac.id/

Sebelum belajar saham pemula, kita menjadi tahu bahwa saham mempunyai nilai yang begitu berharga. Bahkan seseorang bisa melakukan penanaman modal pada sebuah saham perusahaan, yang tujuannya untuk menghasilkan keuntungan bersama.

Kegiatan semacam ini disebut dengan investasi, dan orang yang berinvestasi disebut sebagai investor. Itulah mengapa sekarang ini banyak sekali pemula yang akan melakukan tanam modal atau investasi dalam berbagai jenis, salah satunya investasi saham. Untuk itulah memahami cara belajar saham pemula akan sangat berguna.

Namun, tak jarang mereka yang salah mengambil langkah dalam melakukan investasi saham. Berikut hal-hal yang harus dipahami oleh para pemula, yang ingin belajar mengelola saham hingga melakukan investasi.

Hal pertama yang harus dimengerti dalam belajar saham pemula adalah cara mengelola jumlah saham yang dimiliki sebuah perusahaan atau lembaga. Ketika akan memilih sebuah saham, Anda harus menjadi seorang trader yang selektif, jangan asal pilih saja. intinya, Anda harus bisa mempertimbangkan dan mengukur sejauh mana saham yang dipilih akan memberikan profit, maka sebaiknya cari saham dengan kualitas bagus, yang bisa menguntungkan.

Lalu bagaimana agar tidak salah dalam memilih saham? Bagi Anda para pemula, sebaiknya pilih dahulu beberapa saham antara 1 hingga 2, yang mana masing-masing saham tersebut harus sesuai dengan analisis yang telah Anda lakukan sebelumnya sebelum dipilih.

Dalam belajar saham pemula seperti pada analisafundamental.com, ada yang dinamakan analisis saham atau mengamati situasi ekonomi yang ada. Caranya, dengan mengikuti perkembangan berita ekonomi, bisnis, hingga politik yang sedang dialami Indonesia. Jika situasi ekonominya stabil atau bahkan sedang mengalami peningkatan, maka sebuah kesempatan bagus untuk pilih saham dan tanam modal.

Kedua, pemula harus bisa mengelola modal. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda disarankan untuk tak memilih saham banyak-banyak, Anda bisa memulai dari 2 saham dahulu. Lalu, Anda bisa memasukkan modal dengan nominal sekecil mungkin, di mana rata-rata sebesar Rp.3 hingga 5 juta untuk trading bagi pemula. Hal tersebut untuk menghindari berbagai kemungkinan dari kerugian. Jika sudah menghasilkan profit, maka Anda bisa menambah modal.

Untuk belajar saham pemula yang ketiga, pilihlah saham berdasarkan ketertarikan pada industri tersebut. Jika investasi yang dilakukan berdasarkan pada ketertarikan, maka akan tumbuh perhatian pada jenis produk saham, sehingga pemahaman kita pun akan bagus terhadap hal tersebut.

Jadi, akan lebih baik bagi kita untuk memilih produk yang disukai, familiar, atau sering kita gunakan. Namun disamping itu, jangan lupa untuk memerhatikan pula reputasi perusahaan yang akan dipilih. Selain itu, penting pula untuk mengetahui opini publik tentang perusahaan atau lembaga usaha tersebut, sehingga kita bisa tahu bagaimana dan sejauh mana potensimya akan berkembang. Dan seberapa banyak untung yang bisa didapatkan.

Selanjutnya, Anda harus mempunyai pengetahuan seputar saham. Dengan melakukan beberapa langkah di atas pun tidak akan menjamin keberhasilan, jika tidak dibekali dengan ilmu seputar saham, baik itu mengenai analisa teknikal, analisa fundamental, serta istilah lainnya yang bersangkutan. Sehingga belajar saham pemula sangatlah penting.

Itulah beberapa cara untuk belajar saham pemula, dengan begitu Anda tak perlu bingung lagi langkah awal yang harus diambil dalam hal tersebut. Bahkan dengan memahaminya, Anda juga bisa melakukan investasi saham hingga meraup keuntungan.

Leave a Reply