16 July 2019

Indahnya Wisata Air Terjun Sumatera Selatan yang Menyejukkan Mata

Posted by Edo Sadewo under: INFORMASI; WISATA .

Indahnya Wisata Air Terjun Sumatera Selatan yang Menyejukkan Mata- Menyaksikan pemandangan alam, bermain air, dan menikmati semilir angin segar tanpa polusi udara, merupakan salah satu cara melepas penat paling ampuh. Keseharian yang dilakukan di kota besar, membuat sebagian penduduknya ingin merasakan sensasi pedesaan yang masih asri dan bebas asap kendaraan.

wisata air terjun Sumatera Selatan

Baca juga artikel lain di : http://eds19.student.umm.ac.id/

Nah, salah satu destinasi pariwisata Indonesia terpopuler yang menyajikan keelokan alamnya ada di Provinsi Sumatera Selatan. Tak hanya Jembatan Ampera, Pulau Kemaro, dan Sungai Musi saja yang menjadikan provinsi ini menarik dikunjungi, Sumatera Selatan memiliki banyak lokasi air terjun pada hampir seluruh kotanya. Penasaran di mana saja lokasinya? Check this out!

Air Terjun Curup Embun

Lokasi air terjun satu ini di wilayah Curup Jale Kabupaten Pagaralam Utara. Kamu akan melihat perkebunan teh di sepanjang jalan ke sana, sambil menaiki beberapa anak tangga yang bersusun rapi. Curup embun memiliki aliran air yang sempit dan tinggi. Kamu bebas mengguyur badan dengan air tumpahannya saat tak ramai pengunjung yang datang.

Air Terjun Curup Temam

Curup Temam merupakan salah satu wisata air terjun Sumatera Selatan yang tidak terlalu sulit diakses. Berada di kawasan Lubuk Linggau, kamu perlu menaiki 100 tangga sebelum sampai ke sana. Aliran airnya cukup lebar dan tidak terlalu tinggi, berbeda dengan Curup Embun. Serunya, bentuk air terjunnya sedikit melengkung, membuat para wisatawan yang datang bisa duduk-duduk di bawah lengkungan tersebut sambil menikmati jatuhnya guyuran air di hadapan mereka.

Air Terjun Curup Maung

Jika diamati, bentuk air terjun Curup Maung merupakan perpaduan bentuk Curup Embun dan Curup Temam. Tingginya sekitar 80 meter. Meskipun membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota Lahat, keelokan bebatuan berlumut yang menyembul di sela air terjun memberikan pemandangan tersendiri. Air terjunnya akan terlihat terbelah menjadi beberapa bagian dengan hiasan daun merambat di sekitarnya. Keren banget!

Air Terjun Karlantang

Bila kebanyakan wisata air terjun Sumatera Selatan dihiasi tanaman dan pohon seperti hutan, air terjun Karlantang berbeda. Curahan air dari atas diapit oleh tebing bebatuan yang bertumpuk. Airnya  mengucur seperti aliran sungai yang agak tinggi. Kecantikan pesona batu-batu ini membuat foto yang kamu ambil dari sana terlihat sangat eksotis.

Air Terjun Kembar

Lokasi wisata satu ini masih tergolong perawan. Belum banyak terjamah oleh wisatawan. Padahal tinggi air terjunnya mencapai 30 meter. Sangat segar jika kamu berendam di sungai di bawahnya. Guyuran air yang deras akan merilekskan pikiran dan membuatmu kembali segar.

Air Terjun Curup Bedegung

Kawasan Bumi Serasan Sekundang Muara Enim juga menyimpan panorama wisata air terjun Sumatera Selatan yang cantik. Salah satu air terjun yang terkenal di wilayah Muara Enim adalah Curup Bedegung. Tinggi curahan airnya mencapai 99 meter. Curup Bedegung ini merupakan salah  satu air terjun paling tinggi di Indonesia, setelah Air Terjun Sigura-gura di Sumatera Utara (250 meter), Air Terjun Payakumbuh di Ngarai Harau (150 meter) dan Air Terjun Citambur (100 meter). Siapkan kamera saat kesana ya, siap foto-foto untuk koleksi post instragram.

Wisata air terjun Sumatera Selatan sebenarnya terdapat lebih dari 35 titik. Semuanya menarik untuk dikunjungi. Panorama yang disajikan juga indah dan cantik. Jika kamu berkesempatan ke salah satu kota di sana, sempatkanlah berkunjung ke lokasi wisata air terjun di sana. Dijamin kamu tidak akan kecewa saat merasakan sendiri keelokan pemandangan yang disajikan. Super keren!

Leave a Reply