11 June 2019

Pengertian dan Perbedaan Kenari Loper, AF, F1, AFS, YS dan Lainnya

Posted by Edo Sadewo under: BERITA BARU; INFORMASI .

Bagi para kicau mania, burung kenari adalah jenis burung kicau yang sangat populer dan banyak diminati. Selain karena keindahan pada warna bulunya, burung kenari juga mempunyai kualitas suara yang sangat merdu dan gacor.

Perbedaan Kenari Loper, AF, F1, AFS, YS

Baca juga artikel lain di : http://eds19.student.umm.ac.id/

Meski sudah sangat populer dan banyak dipelihara, tetapi tidak sedikit para kicau mania yang sedikit kebingungan dengan jenis burung kenari. Hal ini bukan tanpa sebab, pasalnya spesies burung kenari itu sangat beraneka ragam. Yang paling umum adalah kenari loper dan juga af.

Adapun beberapa spesies kenari lainnya yang juga mesti Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  • Kenari Yorkshire
  • Kenari Lokal
  • Kenari Loper
  • Kenari AF
  • Kenari F1
  • Kenari F2
  • Kenari F3
  • dan masih banyak yang lainnya.

Mungkin Anda juga sudah tidak asing lagi dengan nama dan istilah yang ada di atas. Tapi banyak diantara kicau mania yang ternyata masih bingung dengan maksud dari nama dan istilah tersebut, serta apa saja yang membedakannya.

Perbedaan Kenari Loper, AF, F1 dan lainnya (H2)

Untuk mengetahui perbedaan antara kenari loper, af, f1 dan yang lainnya berikut ini saya berikan pembahasannya untuk Anda.

Burung Kenari Lokal (H3)

Sesuai dengan namanya, kenari lokal adalah kenari yang berhasil atau berasal dari penangkaran yang ada di Indonesia. Sudah banyak orang yang berhasil membudidayakan kenari di Indonesia, hasilnya disebut dengan kenari lokal.

Ciri kenari lokal adalah postur tubuhnya yang kecil, bahkan bisa dibilang paling kecil diantara jenis burung kenari lainnya. Banyak yang memelihara kenari lokal karena haganya juga paling murah dibandingkan dengan kenari lainnya.

Burung Kenari Loper (H3)

Kenari loper adalah singkatan dari lokal super. Kenari jenis ini merupakan hasil persilangan antara burung kenari lokal dengan burung kenari AF. Postur tubuhnya mengikuti indukan dari kenari AF yang ukurannya lebih besar jika dibandingkan dengan kenari lokal. Banyak para kicau mania yang mencari kenari loper karena suara burung kenari loper bisa dibilang mempunyai kualitas yang bagus.

Burung Kenari AF (H3)

Burung kenari Af adalah jenis kenari yang dihasilkan dari perkawinan silang antara burung kenari lokal dengan burung kenari F1. Jika dilihat sekilas, memang mirip dengan kenari loper, tapi perbedaannya terletak pada bentuk fisiknya.

Kenari AF tidak terlalu mempunyai ukuran tubuh yang besar, tapi mempunyai bentuk tubuh yang gagah serta mempunyai penampilan fisik yang mirip dengan burung kenari import (mbarong). Dari situlah banyak orang yang berminat untuk memelihara kenari AF.

Burung Kenari AFS (H3)

AFS adalah singkatan dari Af Super. Kenari AFS ini dihasilkan dari perkawinan dua indukan burung kenari F1 (Kenari f1 dengan kenari f1) satu jenis yang sama tetapi ketika dikawinkan menghasilkan anakan dengan spesies baru.

Burung Kenari F1, F2 dan F3 (H3)

Kenari F1 adalah singkatan dari Filial yang artinya keturunan dan satu artinya satu. Jadi jika diartikan, F1 adalah keturunan pertama. Kenari f1 dihasilkan dari keturunan pertama perkawinan silang antara kenari import dengan kenari lokal. Untuk f2 dan f3 adalah singkatan dari keturunan kedua dan keturunan ketiga.

Burung Kenari Yorkshire (YS) (H3)

Yorkshire adalah nama kota di Inggris. Hal ini terjadi karena kenari yorkshire memang berasal dari kota yorkshire Inggris. Itu artinya, kenari ini merupakan hasil import.

Kenari ys cukup populer di Indonesia, karena mempunyai postur badan yang besar dan juga gagah. Banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya karena alasan tersebut.

Itu dia sekilas pembahasan tentang beberapa burung kenari serta perbedaannya. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. terima kasih.

Leave a Reply