6 May 2019

Tips Mudah Memperbaiki Sistem Elektrik Pada Scooter Listrik

Posted by Edo Sadewo under: INFORMASI; OTOMOTIF .

Tips Mudah Memperbaiki Sistem Elektrik Pada Scooter Listrik – Di era modern ini aktivitas masyarakat semakin padat dan membutuhkan kendaraan yang akan membuat waktu perjalanan menjadi lebih efektif. Motor merupakan salah satu kendaraan yang banyak direkomendasikan bagi mereka yang tinggal di kota besar dan sering mengalami kemacetan. Masyarakat kini banyak yang berusaha untuk membeli kendaraaan tersebut.


scooter listrik

Baca juga artikel lain di : http://eds19.student.umm.ac.id/

Dengan semakin majunya teknologi dan perkembangan zaman, maka kini kendaraan pun sudah ada yang dibuat dengan menggunakan tenaga listrik, apalagi jika bukan scooter listrik. Menggunakan motor listrik ini memang sangat memudahkan para penggunanya, terlebih kini sudah tersedia pula sepeda motor yang digabungkan dengan sepeda. Sekalipun pengguna tidak dapat mengendarai motor mereka namun tetap bisa mengendarainya karena tersedia alat pengayuh kaki seperti yang ada pada sebuah sepeda.

Meski demikian, penggunaan scooter listrik ini harus selalu diperhatikan kondisi fisiknya. Sebab jika tidak terlalu diperhatikan, maka akan menimbulkan masalah pada bagian sistem eletriknya. Nah, jika bagian ini rusak, maka sebaiknya Anda langsung cek beberapa hal ini:

Baterai

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada scooter listrik adalah masalah pada baterainya. Jika motor sudah menunjukkan suatu kondisi dimana tidak memiliki tenaga saat dikendarai, kecepatannya semakin berkurang padahal baru selesai di cas, atau saat di cas langsung penuh maka itu pertanda baterainya sudah rusak. Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Cukup dengan mengganti baterai lama dengan yang baru. Jika Anda tidak memiliki uang yang cukup, maka dapat mengganti bagian baterai yang rusak saja.

Ingat, setelah mengganti bagian baterai, jangan pernah untuk mencas motor listrik dalam jangka waktu yang sangat lama. Hindari pula membawa beban yang berat, jalanan yang menanjak, dan jangan terlalu sering mengakselerasi secara mendadak.

Dinamo

Selain bagian baterai, rusaknya bagian sistem elektrik motor listrik dapat disebabkan karena bagian dinamo yang rusak. Tanda-tanda yang dapat dilihat jika bagian ini rusak adalah saat motor dinyalakan mesin motor akan terasa pincang, mesin motor baru dapat dinyalakan jika sudah diberi tenaga manual, putaran mesin motor menjadi sangat pelan, atau motor tidak bisa dinyalakan saat di gas.

Untuk memperbaiki kondisi tersebut, Anda dapat langsung membuka bagian jok motor listrik. Kemudian cari komponen port hall sensor, nantinya akan mendapati lima kabel dengan warna hijau, merah, kuning, biru, dan warna hitam. Cobalah untuk mengeluarkan kabel tersebut kemudian nyalakan sepeda motor. Apabila putaran motor tetap pincang ketika salah satu warna dicabut, maka mungkin ada komponen lain yang memang bermasalah. Namun, jika Anda mencabut satu diantara lima kabel itu, dan ternyata putarannya baik-baik saja maka mungkin kabel tersebut rusak. Segera perbaiki kabelnya.

Komponen Kontroller

Rusaknya bagian eletrik pada umumnya diakibatkan oleh bagian komponen kontroller yang mengalami kerusakan yang ditandai dengan bagian gas motor tidak bisa dinyalakan padahal dalam kondisi on. Cara memperbaikinya tidak terlalu sulit, Anda tinggal mengganti bagian kontroller dengan yang baru. Namun, agar nantinya tidak menimbulkan kesalahan, saat penggantiannya alangkah lebih baik langsung dibawa ke tukang bengkel. Sebab bagian ini sedikit sensitif dengan bagian yang lainnya.

Untuk mengetahui informasi terbaru dan terlengkapnya mengenai otomotif terbaik Anda bisa simak di https://www.teknikotomotif.co.id/

Itulah beberapa cara memperbaiki sistem eletrik pada scooter listrik. Sekilas mungkin terlihat membingungkan namun jika mencoba dipahami, perlahan akan dapat mengerti dan mudah diterapkan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply